Senin, 01 Mei 2017

Struktur dan fungsi tubuh Insekta

    Struktur dan fungsi tubuh Insekta
Tubuh dibedakan atas kepala (cephal), dada (toraks), Perut (abdomen).




1.       Kepala
Pada kepala terdapat sepasang antena yang berfungsi sebagai indera pembau dan peraba. Antena serangga yang hidup di siang hari luhur memanjang. Antena serangga yang hidup di malam hari, misal ngengat, pedek dan bercabang-cabang. Di kepala juga terdapat mulut, mata majemuk atau mata facet dan sebagai yang lain bermata tunggal yang disebut oselus. Mulut insekta ada 4 tipe, yaitu tipe menjilat dan menhisap misalnya lalat rumah, menghisap misal kupu-kupu, menususk dan mengisap contohnya nyamuk, dan menggigit misalnya belalang.
Pada mata tunggal (oselus) terdapat satu lensa dan retina sebagai penerima rangsang. Mata facet tersususn atas banyak mata tunggal atau omatidium yang msing-masing permukaannya berbentuk segi enam. Masing-masing mata tunggal atau omatidium memiliki lensa dan retinan. Mata faset dapat digunakan untuk melihat ke segala arah.

2.       Dada
Dada insekta terdiri atas 3 segmen yaitu segmen depan (protoraks), tengah (mesotoraks), dan belakang (metatoraks),. Masing-masing segmen memiliki kaki jalan. Pada segmen protoraks dan mesotoraks terdapat sepasang sayang.
Pada belalang atau jangrik jantan, sayap dapat digesek-gesek sehingga mengeluarkan bunyi. Bunyi-bunyian itu gunanya untuk menerik perhatian jangrik betinan. Meski jauh, jangrik betinan akan terbang mendekatinya. Berarti semakin nyaring suara jangrik jantan, semakin banyak betinan bertandang. Di liang jangkrik terdapat lebih dari satu betinan.
Pada tonggerek atau garengpung terdapat rongga udara di perut yang dapat mengeluarkan suara nyaring. Dengan menggetarkan udara, keluarkan suara nyaring akibat resonansi. Tonggeret berbunyi pada awal musim perkawinan telah datang.

3.       Perut
Perut dibentuk oleh 11 segmen. Segmen ke -9 dan 10 membentuk alat kelamin. Pada serangga betina, kedua segmen ini membentuk alat peletak telur yang disebut ovipositor. Bentuknya memanjang, dan runcing. Ovipositor ini di gunakan untuk meletakkan telur dengan jalan menembus tanah atau buah-buahan. Kemudian telur disalurkannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar