Senin, 01 Mei 2017

Zoologi Invertebrata Pohon Respirasi pada Echinodermata ( Holotruidea)



 Tugas Zoologi Invertebrata
Pohon Respirasi pada Echinodermata ( Holotruidea)


Pohon pernafasan diartikan bagian percabangan dari saluran pernapasan dalam rongga dada, bagian- bagian pohon pernafasan yaiu:
  1. Batang tenggorokan
  2. Bronkus utama
  3. Lobar bronkus
  4. Bronkus segmental
  5. Bronkus lobular
  6. Bronkiolus
  7. Bronkiolus terminal
  8. Saluran alveolar
  9. Kantung alveolar
  10. alveoli


Bidang paru-paru yang disediakan oleh divisi berturut pohon bronkial memiliki persyaratan khusus misalnya:
·         Lobus - daerah yang disediakan oleh bronkus lobar
·         Segmen bronkopulmonalis - daerah yang disediakan oleh bronkus segmental
·         Lobulus - daerah yang disediakan oleh bronchiole terminal


  
Pohon Pernafasan pada Kelas Holothuroidea
Kebanyakan Holothuroidea mempunyai alat pernafasan berupa sistem pembuluh yang disebut dengan pohon pernafsan atau respiratory tree yang berfungsi untuk menghisap oksigen dan menyalurkan kedarah, dan pernafasan berbentuk kaki tabung berfungsi menghisap oksigen yang larut dalam air. Pangkal pohon pernafasan terletak pada bagian anterior. Kloaka berjumlah 2 buah, masing-masing memanjang ke anterior disebelah kiri dan kanan saluran pencernaan. Tiap pembuluh besar mempunyai banyak percabangan dan diujungnya terdapat kantung-kantung kecil. Kloaka dan pohon pernafasan memompa air masuk dan keluar dari pembuluh-pembuluh tersebut.
Cabang-cabang pohon pernafasan sebelah kiri bercampur dengan sinus darah, dengan demikian oksigen dari kantong-kantong kecil disalurkan ke cairan rongga tubuh dan selanjutnya ke sinus darah. Ciri pada pertoneum rongga tubuh menghasilkan aliran cairan tongga tubuh ( coelomic fluid ) yang berperan dalam peredaran zat makanan.



Gambar b. anatomi Teripang kelas Holothruidea

              Organisme yang tergolong kelas holothuroidea bernapas dengan menggunakan kaki tabung, dinding tubuh, dan pohon pernapasan (respiratory trees). Teripang merupakan salah satu contoh organisme dari kelas Holothuroidea. Semua jenis Holothuroidea menggunakan setidaknya salah satu dari organ-organ ini untuk bernafas.
                   Evaginasi internal dari dinding usus posterior membentuk pohon pernapasan (respiratory trees) yang berfungsi sebagai organ pertukaran gas. Pohon pernapasan yang berbentuk seperti cabang-cabang terletak di dekat usus dan anus. Biasanya air dipompa ke anus agar terjadi pertukaran gas. Pohon pernapasan adalah bagian yang unik dari teripang dan tidak ditemukan dalam echinodermata lainnya. Tetapi pohon pernapasan memungkinkan teripang mendapatkan oksigen melalui anus mereka. organisme tidak hanya mengeluarkan limbah dari anus, tapi memperluas dinding otot tubuh dengan irama yang lambat, yang akan mengakibatkan gaya tarik dan mengeluarkan air. Tarikan terhadap air ini akan mengakibatkan penyerapan oksigen, sebaliknya, saat dikeluarkan karbondioksida akan ikut terbuang.






Gambar a. anatomi Teripang kelas Holothruidea


Tidak ada komentar:

Posting Komentar