Selasa, 18 April 2017

Riwayat Pendidikan Bidan Di Kanada

KONSEP KEBIDANAN
SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DILUAR NEGERI
(KANADA dan DENMARK)






Kelompok                   :    V ( Lima )
Anggota                      :   Andini Maulidya [ 16140163 ]
                                      Serly Anjelina [ 16140175 ]
                                      Siti Nur Putri Astuti [ 16140243 ]
                                      Natalia ice [ 1615146 ]




UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK
TAHUN AJARAN 2016/2017






1.      Riwayat Pendidikan Bidan Di Kanada
a.      Sejarah Kebidanan di Kanada
Kebidanan yang dikriminalisasi di Kanada pada tahun 1865, dua tahun sebelum menjadi bangsa. Itu tidak berarti bahwa bidan berhenti berlatih. Bahkan, sejak pelatihan kandungan itu umumnya hanya beberapa hari pendidikan dokter, banyak dokter di daerah pedesaan bekerja sama dengan bidan, atau bahkan tampak kepada mereka untuk bimbingan. Tak heran, banyak wanita lebih memilih bidan ke dokter, dan itu tidak sampai kelahiran pindah ke rumah sakit di awal abad 20 bahwa kebidanan benar-benar mulai menurun.
Kebidanan bukanlah seperangkat praktek atau filsafat. Banyak wanita yang berimigrasi ke Kanada memiliki pengetahuan kebidanan. Wanita Aborigin telah berlatih kebidanan selama mereka sudah tinggal di tanah ini. Praktek, karena itu, adalah sebagai beragam seperti wanita yang melahirkan bayi.
Kebidanan Aborigin telah memainkan peran penting dalam sejarah Kanada. Bidan Aborigin memainkan peran sentral dalam komunitas Aborigin, sebagai penyembuh, guru, tokoh spiritual dan moral, dan sebagai pembantu perempuan. Ketika penjajah Eropa datang ke Kanada, bidan Aborigin menggunakan keterampilan mereka untuk menangkap bayi mereka, dan dalam beberapa kasus bertindak sebagai penghubung budaya.
Ini peran penting tidak diberikan penghargaan yang dibutuhkan oleh kulit putih Kanada. Prihatin dengan kondisi kesehatan di Utara, pemerintah Kanada memaksa wanita Aborigin hamil untuk meninggalkan rumah mereka dan melahirkan di rumah sakit di Selatan. Sementara kebidanan di Utara mulai datang kembali, ini evakuasi terus hari ini. Perempuan Aborigin yang dianggap "berisiko tinggi" dipaksa untuk meninggalkan rumah dan keluarga mereka dan tinggal di rumah sakit Selatan, kadang-kadang selama berminggu-minggu. Kadang-kadang mereka tidak berbicara bahasa. Praktek-praktek budaya, tradisi kelahiran dan pentingnya keluarga dalam proses persalinan diabaikan. Orang-orang Aborigin khawatir tentang efek dari anak-anak yang lahir begitu jauh dari rumah. Praktek ini juga berarti pengurangan dari bidan tradisional Aborigin. Sejarah Kanada sekolah perumahan, di mana anak-anak asli dikeluarkan dari komunitas mereka dan mengajarkan bahwa budaya kulit putih lebih unggul, juga telah membantu untuk mengikis kebidanan Aborigin. Mengingat peran penting yang dimainkan bidan di komunitas Aborigin, dapat dikatakan bahwa erosi kebidanan Aborigin sama saja dengan erosi masyarakat Aborigin sendiri.
b.      Penetapan Peraturan Kebidanan di Kanada
Ontario adalah provinsi pertama di canada yang menerbitkan peraturan tentang kebidanan setelah sejarah panjang tentang kebidanan yang ilegal dan berakibat pada meningkatnya praktik bidan yang tidak berijin. Wanita Aborigin meminta agar bidan Aborigin akan dibebaskan dari peraturan. Karena riwayat penyalahgunaan dan degradasi oleh pemerintah Kanada, orang asli telah skeptis tentang manfaat dari intervensi negara. Hasil ini adalah Bidan Aborigin pembebasan klausul dalam UU Kebidanan Ontario. Ini menyatakan bahwa orang-orang Aborigin dapat menetapkan diri sebagai bidan, dan praktek dalam cara-cara yang mereka tetapkan. Bidan Aborigin memiliki sistem pendidikan yang berbeda dan praktek bidan berbeda dari bidan terdaftar. (Ini tidak berarti bahwa tidak ada tumpang tindih, beberapa wanita asli menjadi bidan terdaftar bukan bidan Aborigin).
Seperti selandia baru, wanitalah yang menginginkan perubahan, mereka bicara tentang pilihan asuhan dan keputusan yang dibuat. Model kebidanan yang dipakai di ontario berdasarkan pada definisi ICM tentang Bidan yaitu seorang tenaga yang mempunyai otonomi dalam lingkup persalinan yang normal. Bidan mempunyai akses kepada rumah sakit maternitas dan wanita mempunyai pilihan atas persalinan dirumah atau dirumah sakit. Selandia baru dan canada sama – sama menerapkan model partnersip dalam asuhan kebidanan. Beberapa aspek didalamnya antara lain : hubungan dengan wanita, asuhan kebidanan, informed choise, informed chonsent, praktik bidan yang memiliki otonomi dan fokus pada normalitas kehamilan dan persalinan. 
Dalam membangun dunia profesi kebidanan yang baru, selandia baru dan canada membuat suatu sistem baru dalam mempersiapkan bidan – bidan untuk registrasi. Keduanya memulai dengan suatu keputusan bahwa bidanlah yang dibutuhkan dalam perawatan maternitas. Ruang ligkup praktik bidan di kedua negara tersebut tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan ICM. Yaitu bidan yang bekerja dengan otonomi penuh dalam lingkup persalinan normal, atau pelayanan maternitas primer. Bidan bekerja dan berkonsultasi dengan ahli obstetri bila terjadi komplikasi pada ibu serta bayi memerlukan bantuan dari pelayanan maternitas sekunder. Bidan di kedua negara tersebut mempunyai akses fasilitas rumah sakit tanpa harus bekerja di rumah sakit. Mereka bekerja di rumah atau dirumah sakit maternitas.
Selandia baru dan canada menerapkan program direct entry selama 3 tahun dalam pendidikan bidan. Sebelumnya, di selandia baru ada perawat kebidanan dimana perawat dapat menambah pendidikannya untuk menjadi seorang bidan sedangkan di canada tidak ada. Bagaimanapun kedua negara tersebut yakin bahwa untuk mempersiapkan bidan yang dapat bekerja secara otonom dan dapat memberikan dukungan kepada wanita untuk mengontrol persalinannya sendiri. Penting untuk mendidik wanita yang sebelumnya belum pernah berkecimpung dalam sistem kesehatan yang menempatkan kekuatan dan kontrol medis. Karena itu program direct entry lebih diutamakan.
Kedua negara tersebut menggunakan dua model pendidikan yaitu pembelajaran teori dan magang. Pembelajaran teori dikelas difokuskan pada teori dasar yaitu pembelajaran teori dan magang. Pembelajarn teori di kelas difokuskan pada teori dasar, yang akan melahirkan bidan – bidan yang dapat mengartikulasikan teorinya sendiri dalam praktik, memanfaatkan penelitian dalam praktik mereka dan berfikir kritis tentang praktik. Dilengkapi dengan belajar magang, dimana mahasiswa bekerja dengan bimbingan dan pengawasan bidan yang berpraktik dalam waktu yang cukup lama. Bidan tersebut memberikan role model yang penting untuk proses pembelajaran. Satu mahasiswa akan bekerja dengan 1 bidan, sehingga mereka tidak akan dikacaukan dengan bermacam – macam model praktik. Mahasiswa bidan juga akan mulai belajar tentang model partnership. Model ini terdiri dari : partnership antara wanita dan mahasiswa bidan, mahasiswa bidan dengan bidan, mahasiswa bidan dengan guru bidan, guru bidan dengan bidan, partnership antara program kebidanan dengan profesi kebidanan, serta program kebidanan dengan wanita.
Partnership ini menjaga agar program pendidikan tetap pada tujuan utamanya, yaitu mencetak bidan – bidan yang dapat bekerja secara otonom sebagai pemberi asuhan maternitas primer. Selandia baru dan canada telah sukses dalam menghidupkan kembali status bidan dan status wanita. Keselarasan antara pendidikan bidan dan ruang lingkup praktik kebidanan adalah bagian penting dari sukses tersebut.
Tahun 1980-an melihat kebangkitan kebidanan di Kanada. Hal itu tidak pernah hilang, tetapi kombinasi dari faktor-faktor politik yang dibuat kebidanan cocok untuk masyarakat sekali lagi. Salah satu faktor adalah konsumen tumbuh advokasi gerakan dalam perawatan kesehatan. Orang-orang mempertanyakan kerangka biomedis dan hirarki kekuasaan. Faktor penting lainnya adalah gerakan feminis yang berkembang, yang berusaha untuk menempatkan kelahiran kembali ke tangan perempuan. Pengaruh ini merupakan bagian integral dari regulasi kebidanan saat ini.
Kebidanan akhirnya disahkan di Ontario pada tahun 1994. Kanada adalah negara industri terakhir untuk dekriminalisasi kebidanan. Provinsi lain mengikuti, dan kebidanan saat ini diakui secara hukum hampir di semua tempat di Kanada. Dengan pengecualian Alberta, itu sepenuhnya didanai mana-mana itu adalah legal. Di Ontario, mereka telah sangat berhasil dalam mengorganisir. Layanan kami benar-benar didanai untuk setiap wanita yang tinggal di Ontario, terlepas dari apakah dia adalah warga negara Kanada. Bidan bekerja dalam praktek independen dengan bidan lainnya. Mereka memiliki otonomi penuh atas berisiko rendah kelahiran, dan dalam banyak kasus komplikasi medis bidan tetap merupakan pengasuh utama.
Kebidanan didasarkan pada tiga prinsip: pilihan informasi, pilihan tempat kelahiran, dan kesinambungan perawatan. Mereka bekerja dengan perempuan selama kehamilan, kelahiran, dan selama enam minggu postpartum. Selama jangka waktu ini, bidan pengasuh utama perempuan. Bidan mendukung perempuan melahirkan di rumah dan rumah sakit. Di Ontario klinik kelahiran tidak diperbolehkan lagi, meskipun beberapa ada di bawah radar.
Bagi mereka dilatih di Ontario melalui program universitas empat-tahun. Tahun pertama dan setengah dikhususkan untuk mata kuliah dalam biologi, ilmu-ilmu sosial dan studi perempuan. Selama bagian kedua dari program, mereka melakukan rotasi di seluruh provinsi di klinik kebidanan.
Mereka melihat kehamilan sebagai suatu yang normal dan alami juga jarang membutuhkan intervensi medis. Filosofi pribadi, yang dibagi oleh bidan lainnya, adalah bahwa kehamilan adalah waktu khusus dalam kehidupan perempuan, dan harus dihormati seperti itu. Ini berarti bahwa kelahiran seorang anak "sempurna" bukanlah hasil yang paling penting dari kehamilan. Kita perlu memahami kehamilan sebagai bagian budaya dan spiritual dari kehidupan perempuan. Selain itu, kebutuhan janin yang kompatibel dengan kebutuhan induknya, jika kita peduli untuk wanita, kebutuhan bayi mereka akan terpenuhi.
Kebidanan di Ontario mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan. Mereka bekerja dengan keluarga perempuan dan masyarakat, sebagai perempuan mendefinisikan mereka. Mereka bekerja dalam kerangka budaya perempuan. Kami menghormati pemahaman spiritual perempuan kehamilan dan kelahiran.
Hal ini mungkin terdengar sangat idealis. Yang pasti, regulasi kebidanan telah memiliki beberapa dampak yang sangat positif pada cara mereka berpraktek, khususnya dalam hal yang dapat menawarkan pekerjaan mereka secara gratis. Di sisi lain, mereka memiliki tingkat C-section tinggi. Beberapa peraturan tidak menguntungkan perempuan mereka layani, melainkan telah dimasukkan ke dalam tempat untuk melindungi mereka secara hukum. Klien mereka dalam beberapa hal memiliki pilihan lebih sedikit daripada yang mereka miliki sebelum undang-undang.
Satu hal penting untuk dipertimbangkan adalah bahwa kebidanan masih didominasi ruang putih. Karena rasisme sistemik, bidan warna dikeluarkan dari proses regulasi. Banyak wanita warna juga merasa bahwa kebidanan bukanlah tempat yang ramah, dan bahwa kebutuhan mereka tidak terpenuhi dalam program pendidikan atau saat berlatih. Selanjutnya, sementara mungkin ada ribuan perempuan imigran yang tinggal di Ontario dengan keterampilan kebidanan, sangat sulit untuk mendapatkan keterampilan asing diakui.
Kebidanan, orang bisa mengatakan, adalah profesi Kanada tertua dan termuda. Mereka masih berhadapan dengan banyak tumbuh rasa sakit. Tetapi banyak dari mereka yang sangat politis dan komitmen terhadap isu-isu kesetaraan dan keadilan reproduksi. Mereka memiliki gairah untuk bekerja dengan perempuan, seperti kebidanan kata menyiratkan, dan akan terus bekerja untuk menyediakan wanita dengan perawatan bersalin terbaik.
c. Sejarah Pendidikan Bidan di Kanada
Kebidanan diperkenalkan kembali sebagai profesi diatur di Kanada pada 1990-an. Setelah beberapa dekade lobi politik intensif oleh bidan dan konsumen, terintegrasi, diatur dan kebidanan didanai publik sekarang merupakan bagian dari sistem kesehatan di provinsi British Columbia, Alberta, Saskatchewan, Manitoba, Ontario, Quebec, dan Nova Scotia, dan di Northwest Territories dan Nunavut. Undang-undang kebidanan baru-baru ini telah dicanangkan di New Brunswick di mana pemerintah dalam proses mengintegrasikan pelayanan kebidanan sana. Hanya Prince Edward Island, Yukon dan Newfoundland dan Labrador tidak memiliki undang-undang di tempat untuk praktek kebidanan.
Bidan di Kanada berasal dari berbagai latar belakang, termasuk: Aborigin, sertifikasi pasca keperawatan, langsung masuk dan "berbaring" atau kebidanan tradisional. Namun, setelah proses penilaian oleh badan pengawas provinsi, pendaftar semua hanya dikenal sebagai 'bidan', 'bidan terdaftar' atau setara dengan bahasa Perancis, 'sage femme', terlepas dari rute mereka pelatihan. Dari gaya asli 'alternatif' kebidanan pada tahun 1960 dan 1970-an, praktik kebidanan ditawarkan dalam berbagai cara dalam provinsi diatur: bidan menawarkan kesinambungan perawatan dalam praktek kelompok kecil, pilihan tempat kelahiran, dan fokus pada perempuan sebagai utama pembuat keputusan dalam perawatan bersalin nya. Ketika perempuan atau mereka bayi komplikasi pengalaman, bidan akan bekerja dalam konsultasi dengan spesialis yang tepat. Bidan terdaftar memiliki akses ke diagnosa yang tepat seperti tes darah dan ultrasound dan dapat meresepkan obat jadwal terbatas. Prinsip dasar dari model Kanada kebidanan meliputi pilihan informasi, pilihan tempat kelahiran, kesinambungan perawatan dari sekelompok kecil bidan dan menghormati wanita sebagai pengambil keputusan utama. Bidan biasanya memiliki hak rumah sakit dan kanan dukungan perempuan untuk memilih di mana dia akan melahirkan bayinya. Sebagai penyedia layanan kesehatan terintegrasi perawatan, kebidanan Kanada hasil homebirth telah sangat baik.
Lima provinsi menawarkan gelar sarjana sarjana muda empat tahun di kebidanan. Di British Columbia, program ini ditawarkan di University of British Columbia. Mount Royal University di Calgary, Alberta menawarkan program Sarjana Kebidanan. Di Ontario, Pendidikan Kebidanan Program (MEP) yang ditawarkan oleh konsorsium dari Universitas McMaster, Ryerson University dan Universitas Laurentian. Di Manitoba program yang ditawarkan oleh University College of the North. Di Quebec, program ini ditawarkan di Université du Québec à Trois-Rivières. Di utara Quebec dan Nunavut, wanita Inuit sedang dididik untuk menjadi bidan di komunitas mereka sendiri. Sebuah program Bridging untuk bidan internasional berpendidikan diterapkan di Ontario di Ryerson University. Sebuah multi-yurisdiksi yang didanai pemerintah federal Kebidanan Program Bridging ditawarkan di Kanada Barat. Diatur provinsi dan teritori mengakui bidan internasional dididik untuk badan pengawas mereka jika mereka dapat menunjukkan kompetensi melalui Pembelajaran Sebelum dan Penilaian Pengalaman (Permohonan) proses.
Pengakuan hukum kebidanan telah membawa bidan ke dalam arus utama perawatan kesehatan dengan pendanaan universal untuk layanan, hak istimewa di rumah sakit, hak untuk meresepkan obat umumnya diperlukan selama kehamilan, kelahiran dan postpartum, dan hak untuk memesan kerja darah dan ultrasound untuk klien mereka sendiri dan penuh konsultasi akses ke dokter. Untuk melindungi ajaran bidan kebidanan dan dukungan untuk menyediakan wanita-berpusat perawatan, badan pembuat kebijakan dan asosiasi profesi memiliki peraturan dan standar di tempat untuk memberikan perlindungan, terutama untuk pilihan tempat kelahiran, pilihan informasi dan kesinambungan perawatan. Semua bidan diatur memiliki asuransi malpraktik. Setiap orang yang tidak diatur yang menyediakan perawatan dengan 'tindakan dibatasi' di provinsi diatur atau wilayah yang berlatih kebidanan tanpa lisensi dan tunduk pada penyelidikan dan penuntutan.
Sebelum perubahan legislatif, wanita Kanada sangat sedikit memiliki akses ke perawatan kebidanan, sebagian karena itu tidak didanai oleh sistem perawatan kesehatan. Kebidanan legalisasi telah membuat pelayanan kebidanan tersedia untuk populasi yang luas dan beragam perempuan dan di banyak komunitas jumlah bidan yang tersedia tidak memenuhi permintaan untuk layanan. Pelayanan kebidanan bebas untuk perempuan yang tinggal di provinsi kebidanan diatur.

2.Riwayat Pendidikan Bidan Di Denmark
Denmark merupakan negara Eropa lainnya yang berpendapat bahwa profesi bidan tersendiri . Pendidikan bidan di sini dimulai pada 1787 dan pada tahun pad tahun 1987 yang lalu merayakan berdirinya 200 tahun sekolah bidan . Kini ada 2 pendidikan bidan di Denmark .
Setiap tahun menerima 40  siswa dengan lama pendidikan 3 tahun direck entry. Mereka yang menjadi perawat maka pendidikannya ditempuh 2 tahun . Hal ini menimbulkan berbagai kontroversi dikalangan bidan sendiri, apakah tidak sebaiknya pendidikan bidan didasarkan atas perawat? Sebagian besar berpendapat tidak baik.
Pendidikan post graduate bagi bidan selama 9 bulan dalam bidang pendidikan dan pengelola. Tahun 1973 disusun rangkaian pedoman bagi bidan yang mengelompokan klien dalam berbagai risiko yang terjadi. Hal ini menimbulkan masalah , karena tidak jelas batasan risiko rendah dan tinggi. Pada tahun 1980 diadakan perubahan pedoman baru yang isinya sama sekali tidak menyinggung masalah risiko . Yang tercantum dalam kata pengantar tentang masa kehamilan adalah sebagai berikut “ The perintal periot is anormal period of family Life.The women, her family and close friend should be central. The midwife, docter and any other staff are there only to support the women and her family”. Penekanan pelayanannya adalah pada kesehatan dan non invansi care.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar