Jumat, 21 April 2017

TIPS ASI LANCAR

AGAR ASI LANCAR

Produksi asi sebenarnya baru dimulai setalah hari kedua dan ketiga. Pada hari-hari pertama ASI mengandung kolostrom yang merupakan cairan kuning agak kental, mengandung banyak protein dan globulin. Karena mengandung protein yang mudah dicerna, maka sangat disarankan untuk memberikan ASI pertama yang mengandung kolostrum itu kepada bayinya.Priduksi ASI, selain karena faktor hormonal , juga dipengaruhi rangsangan fisik antara ibu dan bayinya. Menyusui adalah rasngsangan terbaik untuk merangsang pengeluaran ASI. Dengan menyusui, produksi hormon prolaktin  akan meningkat sehingga produksi ASI juga meningkat.Rangsangan psikis antara ibu dan bayi juga penting. Ketika menyusui, mata anda akan menatap bayi dengan penuh cinta dan kasih sayang. Hal itu dapat memicu pengeluaran hormone oksitosin , sehingga ASI mudah dikeluarkan.


Tips:
1.       Segera susui bayi begitu lahir
2.      Jangan buang ASI yang keluar pertama kali, berikan pada bayi
3.      Rawatlah payudara, urut pelan-pelan. Jika putting susu lecet biarkan terkena udara         agar cepat sembuh.
4.      Seka payudara dengan air  dan baby oil, jangan memakai sabun karena dapat                     membuat kulit kering.
5.      Jangan menggosok payudara, melainkan tepuk-tepuk payudara dengan handuk.
6.      Teruslah menyusui, meski timbul masalah seperti ASI menetes,payudara bengkak,               saluran susu tersumbat atau putting susu lecet. 



 Referensi : Buku Inisiasi Menyusui Dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar